Translate

Minggu, 13 Oktober 2013

Kebudayaan Indonesia yang mulai ditinggalkan


Kesenian Reog Ponorogo yang mulai ditinggalkan


     Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.
     Dalam pertunjukan Reog ditampilkan topeng berbentuk kepala singa yang dikenal sebagai "Singa Barong", raja hutan. Diatasnya ditancapkan bulu-bulu merak hingga menyerupai kipas raksasa yang mengatur dari atas segala gerak-geriknya. Jatilan, yang diperankan oleh kelompok penari gemblak yang menunggangi kuda-kudaan. Berat topeng singabarong yang mencapai lebih dari 50 kg.

Mengapa Kesenian Reog Ponorogo mulai ditinggalkan ?
     Salah satu faktor yang menyebabkan Kesenian Reog Ponorogo mulai ditinggalkan yaitu dari generasi mudanya, karena akhir belakangan ini banyak kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia yang menyebabkan para generasi penerus kebudayaan Indonesia ini mulai melupakan kebudayaan nya sendiri. Dan kurangnya sosialisasi untuk generasi muda tentang kebudayaan yang harus dilestarikan.

Solusi untuk memecahkan masalah ini yaitu
     1. Sosialisasikan kebudayaan Reog Ponorogo kepada generasi 
        muda kita.
   2. Tanamkan rasa cinta tanah air untuk generasi penerus bangsa.
   3. Lakukan pertunjukan - pertunjukan secara menyeluruh agar 
       masyarakat lebih mengenalnya.


Terimakasih

 Referensi :
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyHVDsoJCcan33kwjJGS4CNOOco48Kl_az4jRyaIFL5sBurYh4oLaxmYjvX99K3h-2EorlKgXRJr_140bUIHjvSmzJ1rIvuYbUKLUKO-kUHTl8V2mOICNj-D_xDDoDPs2uFkbmDfvbhYy5/s1600/Budaya+Indonesia+Reog+Ponorogo+1.jpg

http://id.wikipedia.org/wiki/Reog_%28Ponorogo%29#Sejarah



Unknown Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar